-->

15 Peluang Usaha di Desa Yang Terbukti Menguntungkan

Pakarteknik.id - Memiliki usaha yang menguntungan adalah impian bagi para pengusaha di kota maupun di desa. Sebenarnya banayak sekali peluang usaha yang bisa kita dapatkan di desa apabila kita bandingkan dengan peluang usaha di kota, sebagai contoh jika kita mencari peluang usaha di daerah perkotaan sangat lah susah karen jika di daerah perkotaan kita harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pengusaha disana.

Oleah karena itu mencari usaha di daerah pedesaan masih memiliki komoditas yang tinggi apabila kita bandingkan dengan masyarakat perkotaan. Faktanya memang banyak seklai peluang usaha yang bisa kita jalankan meski hanya dengan modal yang kecil.

Ada dua jenis usaha di desa yang terbukti menguntungkan apabila kita jalankan dengan cara yang tepat, dua usaha tersebut adalah.

1. Usaha Online
Usaha online merupak sebuah usaha yang di lakuakn secara elektronik melalui media online, usaha online memiliki jangkauan usaha yang lebih luas, dari desa, kota bahkan dunia. usaha online bisa mendapatan keuntungan lebih besar jika di bandingkan dengna usaha offline, karena usaha online dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

2. Usaha Offline
Usaha Offline merupakan sebuah usaha yang di lakuakan di tempat-tempat tertentu seperti di rumah-rumah atau di toko. Untuk pemasaran usaha offline biasanya pengusaha tersbut akan memasang banner atau sepanduk di depan toko atau rumahnya untuk menarik para konsumen.

Berikut ini adalah peluang usaha di desa yang terbukti menguntukan yang bisa kita jadikan referansi sebelum kita memulai sebuah usaha.

Peluang Usaha di Desa Yang Terbukti Menguntungan Secara Online

1. Usaha Online Shop
Usaha yang pertama, yang terbukti menguntukan secara online adalah usaha online shop. Jual beli online atau online shop sekarang ini sudah manjadi trend, karena dengan belanja melalui online akan memberi kemudaan bagi konsumen apa bila kita bandingan dengan belanja ke pasar-pasar, selain kita bisa memilih dan melihat barang satu persatu dengan online shop juga kita cukup belaja dari rumah dan barang akan di kirim.

Untuk memasarkan usaha kita, kita bisa memanfaatkan sosial medai seperti facebook, instagram, whatsapp dan kita juga bisa memanfaatkan marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan marketpalce lainnya. Kita bisa menjual berbagai macam ke butuhan konsumen disana.

2. Usaha Dropshipper
Usaha yang ke dua, yang terbukti menguntukan secara online adalah usaha dropshipper. Dropshipper merupakasn sebuah usaha atu bisnis penjualan produk tanpa memiliki barang. Kita hanya menjadi perantara saja, untuk proses transaksi semua dilakukan oleh penjual.

Untuk memilih suplier yang terpercaya dan berkualitar kita bisa mencari suplier-suplier besar seperti di shopee, tokopedia, bukalapak,, lazada dan lain sebagainya.

3. Usaha Jual Pulsa Elektrik
Usaha yang ke dua yang terbukti menguntukan di desa secara online adalah usaha jual pulsa elektrik. Di era sekarang ini baik itu di desa mau di kota semua sudah orang sudah mempunyai handphone dan pulsa menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang yang menggunakan handphone.

Modal yang di butuhkan untuk membuka bisnis pulsa elektrik terbilang cuckup simpel hanya dengan modal smartphone kita sudah bisa memulai bisnis pulsa elektrik. Sebagai contoh dengan menggunakn apliaksi Mitra Tokopedia kita sudah bisa melayani pembayaran digital seperti isi pulsa, pulsa paket data, pembayaran PLN, Pembayaran angsuran kredit, Pembayaran telkom, PDAM, BPJS, Voucher game, TV Kabel dan lainnya.

4. Usaha Jadi Kreator Facebook
Usaha yang ke empat yang terbukti menguntukan di desa secara online adalah menjadi kreator facebook. Mungkin kita sering meliahat orang siaran langsung di facebook dengan berbagai tema, ada yang give away, ada yang main game, ada yang cuma diem aja. Terus kadang kita juga sering melihat siaran langsung yang di share di groub-groub facebook. Semua itu tak lain karena bisa mengasilkan uang secara online.

Menjadi kreator facebook cara sangat mudah yang pertama harus memiliki 2000 pengikut dan ketika kita siaran langsung harus di tonton sebayak 300 penontong. Dari situlah kita bisa mendaptkan unag dari facebook yang akan masuk kedalm saldo kita apabial sudah menjcapai ambang pembayaran sekitar 100 dolar, jika sudah mencapai 100 dolar penghasiloan tersbut akan dikirim kerekening kita.

5. Usaha Jadi Blogger
Usaha yang ke liama yang terbukti menguntukan di desa secara online adalah menjadi blogger. Mempunyai sebuah blog atau website sendiri kita bisa menasilkan uang dari sana caranya dengan memasang google iklan adsense, namun kita juga harus menuliskan artikel yang berkulitas agar blog atau website kita banyak yang mengunjungi, semakin banyak yang melihat artikel kita maka semakin banyak juga uang yang bisa kita dapatkan.

6. Usaha Jadi YouTuber
Usaha yang ke enam yang terbukti menguntukan di desa secara online adalah menjadi youtuber. Youtube manjadi salah satu bisnis paling favorit bagi kalangan rakyat biasa bahkan para artis pun sudah pada terjjun ke dunni pertutupan, alasanya tidak laian karna menjadi seorang youtuber akan menghasilkan uangan yang banyak.

Penghasilan yang didapat dari video youtube di hitung bedasarkan seberapa banyak penonton yang menonton video kita namuan untuk menghasilkan uang dari youtube kita sebelumnya harus memenuhi persyaratan untuk menjadi patner youtube.

7. Usaha Jasa Desain Grafis
Usaha yang ke enam yang terbukti menguntukan di desa secara online adalah membuka jasa desain grafis. Bagi kalian para mhasiswa yang mempunyai keahlian di bidang desain grafis, kalain bisa mencoba untuk memulai bisnis online dengan membuka jassa pemebuatan desain seperti mendasain logo, banner, editing video, editing foto dan lain sebagainya. Atau kalian juga bisa menjual desain yang sudah kalian buat di situs-situs seperti sribu.com, sribulancer,com, projects.co.id, fiverr,com, logoground.com dan masih banyak lagi.

Peluang Usaha di Desa Yang Terbukti Menguntungkan Secara Offline

1. Usaha Jamur Tiram
Usaha yang ke Pertama yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah budidaya jamur tiram. Budidaya jamur tiram menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika kita bisa mengelola dengan cara yang tepat.

Modal usaha budidaya jamur tiram yang di perlukan cukup mudah dan bisa kita temukan di desa-desa seprti dedak, serbuk kayu dan kapur. Dengan ketersediaan bahan-bahan yang mudah tentu kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, namun kita juga harus serius dalam mengelola budidaya jamur tiram agar hasilnya pun akan menjadi maksimal.

Untuk pemasaran jamur tiram kita bisa menjualnya di warung-warung, pedagang sayur keliling bahkan di pasar.

2. Usaha Ternak Ayam Kampung
Usaha yang ke dua yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah ternak ayam kampung. Ternak ayam kampung menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan di daerah pedesaan karena di desa masih tersedia lahan yang luas untuk ternak ayam kampung.

Kebutuhan ayam kampung hingga saat ini masih sangat di minati oleh masyarakat oleh karena itu usaha ternak ayam kapung sangat cocok untuk usaha di desa dari pada di kota. Untuk pemasarannya kita bisa menjual di rumah makan-rumah makan atau di pasar-pasar.

3. Usaha Pertamini Digital
Usaha yang ke tiga yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usaha pertamini digital. Pertamini digital atau pom mini ini sudah sering kita temui di desa-desa, kalau dulu pedagang bahan bakar seperti bensi di desa-desa masih menggunakan botol atau derijen tapi seiring perkembangan zaman pedagang bahan bakar di pedesaan sudah menggunakan pertamini digital.

Oleh karena itu usahan sampingn di desa sangat cocok jika kita ingin membuka ppertamini digital karena bahan bakar menjadi kebutuhan pokok bagi mereka yang mepunyai kendaraan baik itu motor maupun mobil dan adanya pertamini di desa, masyarakat tidak perlu lagi membeli bahan bakar jauh-jauh ke SPBU lagi.

4. Usaha Jasa Potong Rambut
Usaha sampingan yang ke empat yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usaha potong rambut. Mungkin sebagian orang tidak tau bahwa usaha potong rambut ini menjadi usahah yang cukup menjanjikan siapa sangaka dengan usaha potong rambut kita bisa memiliki penghasilan Rp9.000.000 setiap bualannya.

Perhitungannya seperti ini, jika dalam sehari kita bisa memotong rambut sebanyak 30 orang dengan biaya setiap oranagnya Rp10.000 maka perhari kita bisa menhasilkan uang sebanyak Rp10.000 x 30 = Rp.300.0000 dan jika di kalikan 30 hari maka penghasilan perbulan Rp.300.000 x 30 = Rp9.000.000 wow cukup fantastis bukan.

Modal yang di butuhkan juga cukup mudah hanya dengan modal alat cukur, sisir, kursi kaca yang tidak akan memakan modal yang banyak. Untuk tempat kita bisa membuka di depan rumah.

5. Usaha Pertanian Organik
Usaha yang ke lima yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usaha pertanian organik. Memanfaatkan lahan yangluas yang ada di desa, kita bisa mencoba bercocok tanam seperti mananam sayur-sayuran atau bijji-bijian.

Untuk pemasaran kita bisa menjual hasil tanaman kita ke warung-warung, pedagang sayur keliling bahkan pasar-pasar.

6. Usaha Ternak Ikan Air Tawar
Usaha yang ke tiga yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usaha ternak ikan air tawar. Ada berbagai ikan air tawar yang bisa kita ternak seperti ikan lele, ikan gurame, ikan nila, ikan patin dan lain sebagainya.

Kita bisa memilih jenis ikan apa saja yang tepat yang paling di cari banyak orang dengan cara survey ke rumah-rumah makan atau ke pasar-pasar.

7. Usaha Penjualan Kebutuhan Petani
Usaha yang ke tujuh yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usaha penjulan kebutuhan pertanian. Di desa sangat identik dengan pertannian maka kebutuhan untuk pertaninan sanagt di butuhkan seperti alat-alat pertanian, pupuk, bibit-bibit tanaman, pakan ternak dan lain sebagainya.

Kita dapat menyesuaikan apa saja yang di butuhkan oleh masyarkat sekitar misal masyarakt sekitar kita mayoritas peternak ayam dan ikan makan usaha yang cocok adalah membuka usaha pakan ternak.

8. Usaha Toko Kelontong
Usaha yang ke tiga yang terbukti menguntukan di desa secara offline adalah usahatoko kelontong. Toko kelontong adalah salah satu warung atau toko yang tidak pernah sepi dari pemebli karena toko kelontong ini selalu menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, miyak goreng, gas lpg, bumbu dapur, sabbun, shampo dan laian sebagainya.

Adanya toko kelontong selain bisa menambah penghasilan kita toko klontong tentu bisa membatu masyarakat sekitar untuk membeli segala sesuatu yang di butuhkannya setiap hari tanpa harus belanja jauh-jauh.

Kesimpulan
Di atas tadi adalah 15 Peluang Usaha di Desa Yang Terbukti Menguntungkan yang bisa kita jadikan referensi untuk memulai usaha di pedesaan. Harapan kami setelah kita membaca artikel di atas kita bisa memili usaha di desa yang mana yang tepat untuk kita.

Demikian yang bisa saya bagikan di 15 Peluang Usaha di Desa Yang Terbukti Menguntungkan. Semoga bisa bermanfaat dan terim kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel