-->

PENGENALAN DASAR COREL DRAW

Pengenalan Dasar Corel Draw - Salam jumpa untuk kita semua, semoga pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan, kekuwatan umtuk menjalani aktifitas kita,  kembali bertemu dengan saya dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengenalan dasar dari coreldraw,
Pengertian CorelDRAW adalah merupakan pengolah grafis dengan basis vektor atau garis, dimana unsur dasar yang Mend asarinya  adalah  garis.  Keuntungan  dari  vektor  ini  adalah  gambar  akan  mempunyai  ukuran kapasitas file yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan pengolah grafis ber basis bitmap. Namun demikian, versi terbarunya sudah menyertakan  filter­filter efek pengolah bitmap dalam fungsi tersendiri. Yang dapat dipakai untuk mema nipulasi penataan objek dalam sebuah kompo sisi gambar  yang diingin kan. Semua nya terpulang pada kreatifitas dan imajinasi pemakainya.


  1. Daftar Menu - Program Berbagai perintah  pengoperasian  mulai  dari  menyimpan file,  membuka file,  mengatur  ukuran halaman, dan menampilkan berba gai menu bantuan.
  2. Command Shortcut - Berisi ikon­ikon jalan pintas (shortcut) pengoperasian berbagai perintah penting dari daftar menu program
  3. Tools Options - Isi  bar  ini  akan  berubah­ubah  sesuai  dengan  jenis  tool yang  dipakai  dan macam  objek yang tengah dipilih. Isinya tidak jauh dari berbagai fitur pengoperas ian tambahan yang dimiliki oleh sebuah tool. 
  4. ToolBox - Berisi berba gai peralatan untuk membuat berba gai macam objek gambar dan fitur tambahan yang berhubungan dengan kualitas visual gambar (warna, garis dan efek). 
  5. Ruler - Penggaris bantuan yang dapat dipakai sebagai panduan dalam menentukan batas-batas area penataan objek. 
  6. Canvas - Tempat mencurahkan segala bentuk kreatifitas gambar yang dibuat. 
  7. Command Fly - Out - Ekspansi atau menu tambahan dari beberapa perintah menu dan juga toolbox yang sedang aktif, Lokasinya bisa dipindahkan, disembunyikan atau ditutup. 
  8. Color Bar - Bar untuk menentukan pewarnaan garis (outline) dan isi (fill) objek. 
  9. Information Box - Sebagai bar informasi mengenai objek yang sedang aktif. 
  10. Page Control - Mengontrol tampilan halaman pada sebuah dokumen yang memiliki banyak halaman. 
  11. Cursor Position - Menunjukkan posisi kursor dalam perhitungan ukuran yuang sama pada penggaris (ruler). 
  12. Window Control -  ikon untuk menyembunyikan, membesarkan/mengecilkan dan menutup windows canvas (dokumen). Berguna sewaktu bekerja dengan banyak dokumen
Nama - nama icon dan Fungsi Tools box

Mengatur Halaman
Sebelum Membuat suatu objek, ada baik nya mengatur ukuran halamannya dulu Pada Tools Option : 

  • Paper type/size, klik A4
  • Landscape untuk posisi menyamping 
  • Draw Unit, klik centimeter
Membuat Sebuag Objek
  1. Setiap objek yang dibuat terdiri dari (fill) dan garis luar (outline), Dalam default objek terdiri dari isi warna transparan dan garis luar warna hitam, Dalam pembuatan objek ini berlaku untuk fungsi­-fungsi mouse (klik+drag dan drop)serta kombinasi antara fungsi mouse dengan tombol Ctrl,Alt dan Shift. Properti Umum Sebuah objek seperti :
    Angle of Rotation : Berisi tentang Informasi arah rotasi suatu objek.
    Object Size : Berisi Tentang tinggi dan lebar seuatu objek.
    Object Position : Berisi tentang lokasi kordinator objek pada canvas.
ya.. mungkin sedikit yang bisa saya jelaskan tentang pengenalan dasar coreldraw, Mungkin haya itu saja yang bisa saya bagikan semoga bisa menambah wawasan kita semua bermanfaat, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel